Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Latihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tingkat SMA Sederajat Kabupaten Banjar

Posted by Unknown at Selasa, 17 Juni 2014

Martapura, 16/6/2014 - Unit Dikyasa satuan lalu lintas Polres Banjar pada hari Senin pukul 16.00 Wita melaksanakan pelatihan "Patroli Keamanan Sekolah (PKS)" dengan peserta dari pelajar tingkat SMA sederajat yang lokasi Sekolahnya berada disepanjang jalur lalu lintas wilayah hukum Polres Banjar. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Aula Tri Brata Polres Banjar selama tiga hari terhitung mulai hari Senin (16/6) hingga hari Rabu (18/6).
Kegiatan pelatihan PKS perlu dilaksanakan dikalangan pelajar SMA sederajat, bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak Sekolah yakni untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan Sekolah.
Keberadaan anggota PKS di lingkungan Sekolah dapat membantu peran Guru dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan, baik terhadap pembinaan pengembangan bakat siswa maupun pengawasan siswa di lingkungan Sekolah dan anggota PKS juga dapat membantu rekan-rekannya di jalan untuk  menyeberangkan saat datang dan pulang dari Sekolah, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta dapat menjadi mitra dalam mendukung tugas Kepolisian yakni melaksanakan "Patroli Keamanan Sekolah" di lingkungan Sekolah masing-masing sesuai tugas pokoknya PKS tanpa mengganggu kegiatan belajar dan kegiatan PKS ini telah mendapat dukungan dari orang tua/wali murid serta Kepala Sekolah mengingat kegiatan tersebut dapat menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa, untuk itu masing-masing Sekolah mengikutsertakan satu orang guru pendamping.
Materi yang disajikan dalam latihan PKS yakni teori dan praktek di lapangan mengenai tugas-tugas PKS, latihan PPPK, PBB, 12 Gerakan Dasar Pengaturan Lalu Lintas dan Senam Lalu Lintas serta pengenalan gambar jenis-jenis Narkotika, sehingga anggota PKS mengerti dan memahami akan bahaya penyalahgunaan Narkotika.
Materi pengenalan tentang peraturan berlalulintas dan pengenalan gambar jenis-jenis Narkotika disampaikan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Banjar Ipda Muhammad Salahuddin, teori tugas PKS dan praktek 12 gerakan dasar pengaturan lalu lintas disajikan oleh Ps. Paur Subbag Humas Aiptu H. Suwarji, SE.,MM, latihan PPPK disajikan oleh anggota unit Dikyasa Aiptu Sutarji, latihan PBB disajikan oleh anggota Binmas Brigadir Ari Ilham Noor, latihan senam lalu lintas disajikan oleh anggota Dikyasa Aiptu Sutarji dan Bripda Siti Nurjanah.
"Dengan waktu latihan yang begitu singkat, diharapkan peserta latihan PKS setelah selesai mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan di Sekolah masing-masing dan sekaligus dapat menjadi contoh bagi rekannya serta dapat menjadi teladan dalam keluarganya" demikian jelas Kasat Lantas Polres Banjar AKP Joseph Purba, S.IK. (Humresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar