Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


"Polisi Harus Bersih"

Posted by Unknown at Senin, 08 Februari 2016

Pelatihan Revolusi Mental di Lingkungan Polres Banjar Polda Kalsel ; "Polisi Harus Bersih"

MARTAPURA, (07/02/2016) - Jajaran Polres Banjar Polda Kalsel bertekad mewujudkan instansi Polri yang bersih. Untuk membekali para anggotanya Polres Banjar menggelar kegiatan pelatihan revolusi mental. Kegiatan tersebut diikuti 450 personil yang dibagi dalam tiga kelompok, terdiri dari para Perwira, Bintara dan PNS dilingkungan Polres Banjar dan Polsek jajaran, acara tersebut digelar selama tiga hari mulai hari Senin-Rabu, (01-03/01/2016) di aula Tri Brata Polres Banjar.

Kapolres Banjar AKBP KUKUH PRABOWO, S.ik., MH menuturkan maksud dan tujuan pelatihan ini, sebagai tindak lanjut dari program Nawa Cita Presiden Joko Widodo nomor 8 yaitu; perubahan karakter bangsa, kemudian dijabarkan oleh Kapolri Jendral Badrodin Haiti yakni ingin membangun karakter Polri berkeperibadian bangsa, juga merupakan program Polri yang dituangkan dalam quick wins Polri nomor 6 yakni; Polri sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.
Kapolres Banjar menjelaskan, bahwa "kegiatan pelatihan Revmen tersebut dipandu oleh tiga trainer dari perwira di lingkungan Polres Banjar, sebenarnya ada lima namun yang dua mutasi ke Polda Kalsel." Para trainer tersebut adalah para perwira yang sebelumnya mendapatkan pelatihan terlebih dahulu di SPN Polda Kalsel selama 12 hari, dari tanggal 04 s/d 15 Januari 2016 yang digembleng langsung oleh master dari Mabes Polri.
Kelima orang yang terpilih itu yakni; Wakapolres Banjar Kompol Rudy Hartono, S.ik., MM yang saat ini sudah menjabat sebagai Waka SPN Polda Kalsel, Kabag Sumda Kompol Carto CH, Kasat Binmas Akp Agus Jatmiko yang saat ini juga sudah pindah tugas ke Dit Binmas Polda Kalsel, Kapolsek Martapura Kota Akp Hj. Amalia Afifi, SH dan Kasiwas Polres Banjar Ipda H. Suwarji, SE., MM. “Setelah mendapat pelatihan revolusi mental dari Mabes Polri, dengan didukung penuh oleh Kapolres Banjar para Trainer Polres Banjar langsung bergerak cepat mentransformasikan ilmu yang didapat  tersebut ke seluruh personil jajaran Polres Banjar dengan pelatihan serupa.

Kabag Sumda Polres Banjar Kompol Carto CH. yang juga bertindak sebagai trainer menuturkan, ada 9 materi pelatihan pembelajaran yang disampaikan ke peserta, yakni; (1) Neuro Associative Conditioning (NAC), (2) Inter Personal Skill (IPS), (3) Pendidikan Budaya Anti Korupsi, (4) Dua belas nilai karakter kebhayangkaraan, (5) Berdaulat dalam bidang politik (nilai kewargaan dan nilai dapat dipercaya), (6) Berdikari dalam bidang ekonomi (nilai mandiri dan nilai kreatif), (7) Berkeperibadian dalam bidang kebudayaan (nilai gotong royong dan nilai saling menghargai), (8) action plan (rencana aksi) dalam tugas polri dalam hidup bermasyarakat dan (9) Implementasi dari action plan tersebut secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dan dalam pelaksanaan tugas Polri. “Pelatihan ini dikemas dengan menarik atau tidak monoton, dengan  memperbanyak game (permainan), metode pembelajaran secara andragogik (pembelajaran dua arah) dengan diskusi, tanya jawab, edutainment, praktek lapangan dan implementasinya,” terang Kabag Sumda.
Dikatakan lebih lanjut oleh Kabag Sumda bahwa peserta sebanyak 450 orang dibagi dalam tiga kelompok dan selama tiga hari pelatihan Revmen, masing-masing kelompok mendapatkan semua materi tersebut.
“Untuk pendalaman materi supaya benar-benar dijiwai oleh para peserta dan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sesuai Tupoksi, saya meminta masing-masing peserta untuk merenungkan dan menyusun action plan sesuai tugas dan fungsinya, supaya citra Polri kedepan makin baik dan kepercayaan masyarakat semakin tinggi,” tutur pria yang mempunyai latar belakang tugas Satuan Brimob Polda Kalsel tersebut.

Pada kesempatan itu Kasiwas Polres Banjar Ipda H. Suwarji, SE., MM yang akrab disapa Aji  juga merupakan Tim Trainer Polres Banjar berharap, bahwa setelah mendapatkan pelatihan Revmen dengan menggali enam nilai dari Tri Sakti tersebut personil Polres Banjar dan Polsek jajaran dapat mengimplementasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dalam pelaksanaan tugas sesuai Tupoksi masing-masing, dengan demikian telah mendukung program Nawacita Presiden Joko Widodo. Lebih lanjut Kasiwas mengatakan, "Hal ini guna mewujudkan Polri sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik," yang intinya bertujuan mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Polri.

Kegiatan Revmen Polres Banjar tidak hanya berhenti sampai disitu, jelas Kapolsek Martapura Kota Akp Hj. Amalia Afifi, SH, namun berlanjut hingga semua personil Polres Banjar menerima materi Revmen secara utuh dan dapat mengimplementasikannya. Maka dari itu, menindak lanjuti arahan dari Biro SDM Polda Kalsel, bahwa para Trainer Polres/ta jajaran Polda Kalsel agar melatihkan kembali dan merefleksi materi Revmen setiap hari Rabu saat apel pagi serta melaksanakan kegiatan Outbound, Role Play/Game setiap hari Jumat setelah olah raga bersama. Hal tersebut telah dilaksanakan oleh Polres Banjar, bahkan atas kebijakan Kapolres Banjar AKBP KUKUH PRABOWO, S.ik., MH setiap hari saat apel pagi selalu disisipkan kegiatan Revmen, hal ini dimaksudkan agar perubahan Mindset dan Culture Set personil Polres Banjar lebih cepat, sehingga dapat lebih cepat pula menerapkan dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai warga masyarakat maupun dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri.  (Humasresbjr)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar