Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP)

Posted by Unknown at Minggu, 07 September 2014

Martapura, 08/09/2014 - Pada hari Senin sekitar jam 11.30 Wita Polres Banjar kedatangan Tim Supervisi dari Itwasda Polda Kalsel yang dipimpin oleh Kompol Jumberi. Kedatangan tim disambut oleh Kabagren Polres Banjar Kompol Wiji, S.pd dan Kasiwas Polres Banjar Ipda Endang Kasmisih.
Ketua Tim supervisi yang didampingi Penata Asikin Noor, SH., Penda I M. Haikal, SE., Penda Penny dan Brigadir Asrory mengatakan, "Kita langsung pendalaman saja karena waktunya terbatas dan materinya banyak," seraya memasuki ruang data yang telah dipersiapkan oleh Kasiwas. Personil Bagren serta personil lainnya yang berkompeten dalam kegiatan supervisi tersebut telah siap dengan berkas dokumen masing-masing di ruang data untuk melaksanakan pendalaman materi yakni mengenai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP).
Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan melalui sistem pertanggungjawaban secara periodik. Dalam hal ini Polres Banjar telah menbuat laporan kinerja sebagai pertanggungjawaban sesuai program kerja dan besarnya anggaran yang telah diserap.
Sistem Akip, merupakan instrumen yang digunakan Polres Banjar dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi. Sistem Akip terdiri dari berbagai komponen yang merupakan satu kesatuan, yaitu perencanaan strategis, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja dan pelaporan kinerja. Adapun tujuan Sistem Akip adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja Polres Banjar sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya kredibilitas yang baik dan dipercaya. Dan sasaran dari Sistem Akip adalah menjadikan Polres Banjar yang akuntabel, sehingga dapat operasional secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dalam membantu dan mendukung Harkamtibmas. Kemudian terwujudnya transparansi dalam pelayanan dan penegakan hukum, sehingga terpelihara kepercayaan masyarakat kepada Polres Banjar.
Demikian supervisi dari Itwasda Polda Kalsel di Polres Banjar tentang Akip, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, adapun temuan atau kekurangan namun tidak terlalu signifikan sehingga masih dapat diperbaiki. (Humresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar