Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Tausyiah Pada Puasa Ramadhan 1435 H Di Polres Banjar

Posted by Unknown at Rabu, 02 Juli 2014

Martapura, 3/7/2014 - Tausyiah rutin setiap hari Kamis oleh KH. Burhanuddin di Mushala An-Nur Polres Banjar merupakan bentuk pembinaan rohani bagi personel Polres Banjar yang beragama Islam. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna membentengi hati dan pikiran personel yang dicerminkan melalui sikap perilaku dalam pelaksanaan tugas, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Kegiatan Binroh personel tersebut diawali dengan pembacaan Surah Al-fateha, Yasin dan Shalawat Kamilah disertai doa, kemudian dilanjutkan dengan Tausyiah oleh KH. Burhanuddin dengan tema "Menjaga Kualitas Puasa." Bagaimana agar puasa kita bisa tunai sebulan full ? demikian disampaikan KH. Burhanuddin dalam mengawali Tausyiahnya, lalu kemudian beliau seraya menjelaskan bahwa puasa akan dapat kita jalankan dengan hasil yang berkualitas maka niatnya wajib betul-betul Puasa Ramadhan karena Allah Ta'ala, kemudian seiring dengan berjalannya waktu puasa jagalah lobang-lobang/rongga yang ada pada bagian tubuh kita sekira tidak kemasukan benda-benda yang bisa membatalkan puasa yakni dengan unsur sengaja, misalnya asap rokok, air saat berenang, mabuk-mabukkan, nifas, melakukan hubungan suami isteri, ghibah/berucap dengan perkataan yang tidak baik, sumpah palsu, melihat/memandang dengan disertai nafsu, membaca buku yang dapat menimbulkan nafsu syahwat dan pingsan sehari penuh.
Adapun beberapa hal yang tidak membatalkan puasa yakni karena sakit menggunakan suntikan/infus karena memasukkannya melalui pori-pori/urat nadi dan bukan rongga. Allah SWT juga memberikan kegembiraan kepada umatNya yang menjalankan ibadah puasa yakni saat berbuka puasa dengan rasa gembira yang luarbiasa serta ketiduran yang tak disengaja. Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka." dalam HR.Ahmad 3/396, dari Jabir bin Abdillah. Puasa akan memberikan syafaat bagi orang yang menjalankannya. Demikian Tausyiah singkat yang disampaikan oleh KH. Burhanuddin semoga dapat diambil hikmahnya oleh personel Polres Banjar, sehingga dapat meningkatkan keimanan serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya dalam pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakkan hukum.
Sedangkan bagi personel yang beragama Nasrani kegiatan Binroh dilaksanakan rutin sebulan sekali di Polda Kalsel dan bagi personel yang beragama Hindu/Budha kegiatan Binroh dilaksanakan rutin dua minggu sekali di Pura Banjarbaru.
(Humresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar