Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Kabut Asap Yang Bersumber Dari Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Wilayah Kabupaten Banjar

Posted by Unknown at Kamis, 18 September 2014

Martapura, 14/09/2015 - Penanganan bencana asap yang bersumber dari kebakaran hutan dan lahan. Menindaklanjuti hal tersebut Polres Banjar telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar beserta instansi terkait.

Adapun hasil dari pelaksanaan rapat koordinasi tersebut, bahwa BPBD Kabupaten Banjar bersama Polres Banjar beserta instansi terkait telah sepakat untuk mendirikan 5(lima) pos darurat kebakaran yang bertempat di 5(lima) Kecamatan, yakni :
1. Pos wilayah Kecamatan Karang Intan.
2. Pos wilayah Kecamatan Martapura Barat.  3. Pos wilayah Kecamatan Beruntung Baru.
4. Pos wilayah Kecamatan Mataraman.            5. Pusat pengendalian operasi bertempat di kantor BPBD Kabupaten Banjar.          

Adapun keperluan personil untuk 5(lima) Posko tersebut meliputi 110 orang, yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Anggota Buser/Damkar, personil kecamatan serta personil BPBD Banjar. Posko dilengkapi dengan sarana prasarana pemadam kebakaran yang terdiri dari mobil pemadam, mesin pompa air, peralatan komunikasi, alat kepyok, mobil operasional dan perlengkapan Posko lainnya.

Kapolres Banjar AKBP KUKUH PRABOWO, S.ik., MH mengenai Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan, Lahan dan Kabut Asap mengatakan bahwa, "Pembentukan pos bertujuan untuk kesiapsiagaan pelayanan cepat dalam penanggulangan musibah kebakaran, baik kebakaran pemukiman maupun kebakaran hutan dan lahan." Pasca terjadinya kebakaran hutan/lahan asap tebal menyelimuti sebagian wilayah Kabupaten Banjar, hal ini berdampak pada aktifitas masyarakat menjadi terganggu. Menghadapi situasi tersebut Polres Banjar berupaya dengan cara preemtif, preventif dan represif, yakni dengan membagi-bagikan masker kepada masyarakat, memberikan penyuluhan/sosialisasi kepada Tomas, warga masyarakat, perusahaan bidang pertanian/perkebunan dan melaksanakan pemadaman terhadap hutan/lahan yang terbakar bersama BPBD dan instansi terkait serta melaksanakan patroli bersama pada titik-titik rawan kebakaran (Hot Spot). Untuk upaya penegakkan hukum dari beberapa kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Banjar, pelaku masih dalam penyelidikan pihak Polres Banjar.

Beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Banjar yang terbakar telah berhasil dipadamkan, namun demikian pada hari-hari libur Kapolres Banjar AKBP KUKUH PRABOWO, S.ik., MH bersama-sama dengan pejabat utama Polres Banjar dan anggota melaksanakan patroli ke lokasi-lokasi titik rawan api dengan menggunakan sepeda motor trail guna melakukan pengecekan dan upaya preventif serta preemtif secara langsung. Sampai saat ini penyebab timbulnya kebakaran belum diketahui dan pihak Polres Banjar masih terus melakukan penyelidikan, sedangkan titik api yang masih aktif (Hot Spot) di wilayah hukum Polres Banjar nihil. (Humresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar