Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete Luncurkan Unit Patrol SBB

Posted by Unknown at Senin, 03 Juli 2017

MARTAPURA, KALSEL.- Sejak dilantik sebagai Kapolres Banjar Polda Kalimantan Selatan, pada 23 Mei 2017 yang lalu, AKBP Takdir Mattanete S.H., S.I.K., M.H terus membenahi setia jajaran yang dipimpinnya. Dengan tekad membesarkan nama kesatuan hingga Polres Banjar mampu tampil berbeda dan mendapatkan tempat dihati masyarakat, agar lebih mencintai peras Polisi AKBP Takdir Mattanete membuat gebrakan terbaru dengan nama Srikandi Banjar Bungas (SBB).

Kapolres Banjar ini pun menerangkan maksud dibentuknya SBB. Menurut Kapolres anggota Jajaran Polres Banjar yang dipimpin saat ini sudah terkoordinasi dengan baik dan solid, berkat kepemimpinan Kapolres-Kapolres sebelumnya.

"Kewajiban saya sekarang adalah sebagaimana bisa membesarkan Polres Banjar, bisa 'keluar' dan 'menjual' Polres Banjar, dalam artian Polres Banjar semakin dikenal masyarakat dari inovasi maupun pelayanan-pelayanan yang diberikan pada masyarakat luas, sehingga masyarakat akan lebih mencintai Polisi, "urai AKBP Takdir Mattanete.

Polres Banjar dibawah kepemimpinan Perwira jebolan Akpol 1998 ini, membuat gebrakan baru yaitu SBB (Srikandi Banjar Bungas), kamis silam

SBB sendiri merupakan unit kecil, unit patrol yang diawaki oleh Polwan-Polwan Polres Banjar, gabungan dari satuan fungsi operasional yang ada dikepolisian, seperti Fungsi Sabhara, Lantas, Reserse, Binmas, Intel juga satuan fungsi pembinaan kepolisian lainnya dari masing-masing fungsi inilah kemudian disatukan dalam satu unit, SBB.

Sedangkan nama Srikandi merupakan nama yang diambil dari Tokoh Pewayangan yang menggambarkan seorang kesatria perempuan yang gagah berani dalam menumpas kejahatan, maka itu di identikan dengan lambang Polisi Wanita.
Sementara itu, Kasat Binmas Polres Banjar, AKP Amalia Fifi S.H pun menjabarkan lebih jauh tentang SBB.
ESTI BHAKTI WARAPSARI mengandung arti sebagai Putri – Putri pilihan yang mampu melaksanakan tugas dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan penuh kesederhanaan,  kegunaan, kebesaran jiwa, berwibawa  dan tanpa pamrih demi tercapainya masyarakat yang tentram dan damai,” tandas AKP Amalia Fifi.

Unit SBB Polres Banjar bertugas sebagai Polisi tugas umum dimana mereka harus mampu melakukan tugas pengaturan lalu lintas ketika terjadi kemacetan di jalan, kemudian melakukan fungsi Reskrim apabila saat melaksanakan patroli, terjadi tindakan kriminal maka mereka pun mampu melakukan tindakan pertama di lapangan.

Ditambahkan AKP Amalia Fifi, dalam menciptakan situasi  yang sejuk maka fungsi Binmas dengan himbauan kamtibmasnya akan tampil digaris depan. Dan Unit SBB juga sebagai tempat pengaduan masyarakat dan sumber informasi bagi warga yang memerlukan pertolongan.

“Dengan dilengkapi alat komunikasi dan laptop sebagai sarana pelayanan unit, SBB siap melayani Anda” ujar AKP Amalia Fifi.

Merunut jauh arti dari Unit Srikandi Banjar Bungas (SBB) juga diambil dari nama kearifan bahasa lokal setempat, Kata SRIKANDI diibaratkan sebagai  Polwan Polres Banjar, dan Kata BUNGAS dalam bahasa daerah Banjar, artinya Cantik, Elok, Rupawan, Georgeus, jadi Polwan Polres Banjar Banjar itu Cantik bukan hanya cantik di wajah, juga hatinya, suka menolong, baik hati, ramah,  murah senyum dan siap melayani masyarakat tentunya. Dalam garis besarnya Polwan yang tergabung  dalam unit SBB wajiblah memiliki iner beauty atau kecantikan dari dalam.

Diakhir keterangannya, Kapolres Banjar mengatakan harapannya, semoga dengan dibentuknya unit SBB ini kehadiran Polwan melalui Unit Srikandi Banjar Bungas dapat di rasakan oleh masyarakat, sebagai motivasi kaum perempuan yang dapat mensejajarkan diri dengan tugas Polisi laki-laki.
“Seorang Srikandi, bukan hanya sekedar hiasan, yang hanya disimpang di sudut sebagai pelengkap, tapi srikandi yang terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat” pungkas AKBP Takdir Mattanete. 



0 komentar:

Posting Komentar