Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Persiapan Pengamanan Haul Syech KH. Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) Ke-10 Tahun 2015

Posted by Unknown at Selasa, 21 April 2015

 
MARTAPURA - Polres Banjar pada Selasa (21/04/2015) pukul 09.00 Wita melaksanakan rapat, dalam rangka persiapan pelaksanaan pengamanan Haul Syech KH. Zaini Abdul Ghani atau yang biasa disapa Guru Sekumpul itu yang ke-10 pada Minggu (26/04/2015).
Pelaksanaan haul Guru Sekumpul yang ke-10 ini diprediksi sekitar 250 ribu jemaah dari Kalimantan Selatan maupun dari berbagai Daerah luar Kalimantan Selatan yang akan hadir. Untuk itu guna mempersiapkan pengamanannya, pada hari ini Selasa (21/04) di ruang kemitraan Polres Banjar dilaksanakan rapat yang dihadiri oleh panitia pelaksana dari Langgar Arraudah Sekumpul, kemudian dari Pasi Ops Kodim 1006 Martapura, dari Pemda Kabupaten Banjar dihadiri oleh pejabat Dishubkominfo, Satpol PP, Humas dan PU, hadir juga Lurah Sekumpul dan Polres Banjarbaru dihadiri oleh Kabag Ops, Kasat Lantas dan Kanit Patroli, kemudian Polres Banjar selaku tuan rumah dalam pelaksanaan rapat tersebut mengikutsertakan para pejabat utama antara lain Kabag Ops, Kabag Ren, Kabag Sumda, para Kasatfung, Kapolsek Martapura Kota, Kasi dan Paur Humas. Pada pukul 09.00 Wita rapat dimulai dan dipimpin langsung oleh Waka Polres Banjar Kompol Rudi Hartono, S.ik.,MM.
 
Hasil kesepakatan pada rapat Haul Guru Sekumpul ke-10 tersebut, guna kelancaran, keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaannya Polres Banjar akan menggelar 2/3 kekuatan personil yakni sebanyak 383 orang, kemudian dari Polres Banjarbaru sebanyak 50 personil, Kodim 1006 Martapura 100 personil, Satpol PP Kab. Banjar 150 personil, Dishubkominfo 60 personil dan relawan yakni dari warga Sekumpul sebanyak 3800 orang, sehingga jumlah personil dari Instansi Pemerintah keseluruhan yang akan digelar pada pelaksanaan Haul Guru Sekumpul yang ke-10 sebanyak 743 orang dan ditambah relawan masyarakat sebanyak 3800 orang jadi total sebanyak 4.543 orang.

Adapun jalur lalu lintas menuju lokasi pelaksanaan Haul Guru Sekumpul di Langgar Arraudah Sekumpul Martapura Kalimantan Selatan, sebagai berikut : bagi jemaah yang datang dari arah Kota  Banjarmasin dan Kabupaten Tala yang melalui jalan A. Yani dapat menuju jalan Sungai Ulin-jalan Budi Waluyo-jalan Pendidikan selanjutnya petugas akan mengarahkan ke lokasi parkir yang telah disediakan, kemudian dari jalan Sungai Ulin bisa juga tidak melalui jalan Budi Waluyo namun terus saja hingga ketemu komplek perumahan permata hijau belok kiri melalui jalan Sekumpul Raya-jalan Pendidikan hingga petugas mengarahkan ke lokasi parkir. Kemudian apabila jemaah dari arah Kota Banjarmasin atau Kabupaten Tala terlanjur melalui jalan A. Yani arah ke Martapura, bisa berputar arah didepan SPBU Sei Paring kemudian masuk jalan Batas Kota-jalan Gunung Ronggeng-jalan Pendidikan hingga diarahkan petugas ke lokasi parkir, bisa juga dari jalan A. Yani berputar arah di Sei Paring masuk jalan Kampung Baru-jalan Pendidikan hingga diarahkan petugas ke lokasi parkir dan dari jalan A. Yani bisa juga berputar arah didepan komplek Sa'adah kemudian masuk jalan Guntung Alaban, kemudian bisa juga bagi rombongan jemaah yang menggunakan bus dari A. Yani setelah jembatan irigasi sungai paring belok kiri melalui jalan Menteri Empat masuk dan parkir di  terminal PPS, selanjutnya jemaah berjalan kaki melalui jalan utama Sekumpul seberang Pos Lantas yang telah disediakan khusus untuk pejalan kaki (kendaraan bermotor tidak diperbolehkan melalui jalan Sekumpul tersebut).
 
Bagi jemaah yang datang dari arah Banjarmasin melalui Sungai Tabuk, sesampainya di jalan pesayangan Martapura belok kekanan melalui jalan Keraton-jalan Menteri Empat dan masuk ke lokasi parkir di terminal PPS selanjutnya jemaah berjalan kaki melalui jalan utama Sekumpul. Sedangkan jemaah yang datang dari arah Hulu Sungai untuk menghindari kemacetan disekitar pasar Martapura silahkan sesampainya di wilayah Astambul belok ke kiri melalui jalan Desa Tambak Baru-jalan Bincau-jalan Indrasari-jalan Sekumpul Ujung hingga diarahkan petugas ke lokasi parkir, kemudian apabila jemaah dari arah Hulu Sungai maupun dari arah Sungai Tabuk terlanjur melalui pasar Martapura sesampainya di alun-alun Martapura belok kiri-belok kanan melalui jalan Tanjung Rema-jalan Irigasi-jalan depan Rumah Tahanan Anak Martapura-jalan Kenanga-jalan Sekumpul Ujung hingga diarahkan petugas ke lokasi parkir.

Polres Banjar menghimbau kepada para jemaah untuk mematuhi rambu-rambu petunjuk maupun petugas yang mengarahkan, sehingga pelaksanaan Haul Guru Sekumpul dapat berjalan lancar, tertib dan aman baik pada waktu datang maupun kembalinya dan untuk menghindari jemaah lupa menuju lokasi parkir pada saat selesai kegiatan, panitia akan menyediakan kartu parkir gratis yang dilengkapi nomor lokasi parkir dan nomor Handpone petugas lokasi parkir, jadi diharapkan kartu tidak hilang dan betul-betul diingat lokasi parkir pada saat datang sehingga memudahkan dalam menuju saat kembali.

Kapolres Banjar AKBP DARU CAHYONO, S.ik melalui Paur Subbag Humas IPDA H. SUWARJI, SE.,MM menyampaikan himbauan kepada para jemaah yang akan menghadiri kegiatan Haul Guru Sekumpul agar memastikan pintu rumah maupun jendela sebelum ditinggalkan dalam keadaan terkunci, agar diupayakan rumah tidak ditinggalkan dalam keadaan kosong minimal ada 1(satu) orang yang tinggal. Jangan lupa juga pastikan kompor dan ledeng dalam keadaan mati. Kemudian diharapkan kepada jemaah utamanya kaum ibu untuk tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan dan apabila terjadi permasalahan di lokasi kegiatan haul, dipersilahkan melapor kepada petugas terdekat maupun Posko yang terdekat. Bagi yang membawa anak-anak agar betul-betul diperhatikan, jangan sampai terlepas.
Demikian informasi dan himbauan ini, disampaikan untuk diindahkan semoga kegiatan Haul Syech KH. Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) ke-10 dapat berjalan lancar, tertib dan aman. (Humasresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar