Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Latihan Pra Operasi Kepolisian Terpusat "Simpatik-2015" Polres Banjar

Posted by Unknown at Senin, 30 Maret 2015

 
MARTAPURA - Dalam rangka mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan, keterampilan setiap anggota atau satuan operasional yang terlibat dalam Operasi Kepolisian Terpusat "Simpatik-2015" di wilayah hukum Polres Banjar, Selasa (31/03) Polres Banjar melaksanakan Lat Pra Ops Kepolisian Terpusat "Simpatik-2015" di Aula Tri Brata Polres Banjar. Pada pukul 09.15 Wita kegiatan tersebut dibuka oleh Kapolres Banjar.
Selama 21 hari Polres Banjar akan menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Simpatik-2015" dalam operasi tersebut yang dikedepankan adalah fungsi lalu lintas. Kapolres Banjar AKBP DARU CAHYONO, S.ik saat membuka Latihan Pra Operasi tersebut di Aula Tri Brata Polres Banjar pada Selasa (31/03/2015) pukul 09.15 Wita menyampaikan kepada personil jajaran Polres Banjar khususnya fungsi lalu lintas selaku fungsi yang dikedepankan dalam Operasi Simpatik tersebut, "agar melaksanakan kegiatan sesuai yang direncanakan yakni dengan mengedepankan fungsi pembinaan (preemtif) dan preventif (pencegahan), namun demikian apabila ditemukan pelanggaran lalu lintas yang kasat mata, "jangan ragu-ragu untuk ditindak tegas dengan Tilang."
Pada kesempatan itu Kapolres Banjar menyampaikan himbauan untuk para pemakai jalan, "khususnya kepada pengendara kendaraan bermotor roda dua agar selalu menggunakan Helm Standart Nasional Indonesia (SNI) dan pastikan tali helm terpasang dengan benar serta menyalakan lampu baik pada malam hari maupun siang hari. Bagi yang menggunakan mobil roda empat atau lebih agar selalu memasang Safety Belt atau sabuk pengaman dengan benar serta sempurna dan jangan melawan arus lalu lintas, karena hal itu bisa mengurangi tingkat kefatalan dari akibat kecelakaan lalu lintas." Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa angka Laka Lantas di Wilkum Polres Banjar masih tinggi bahkan sejajar dengan angka kasus kriminalitas. Pada pelaksanaan Operasi Simpatik-2015  diharapkan baik sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan adanya perubahan dari masyarakat pengguna jalan yakni kesadaran untuk tertib dan patuh terhadap peraturan lalu lintas. Kepada para pejabat operasi simpatik-2015  Kapolres Banjar menekankan, "agar pelaksanaannya dimonitoring dan hasilnya dianalisa serta dievaluasi, apakah sudah ada perubahan ?" Dalam bertindak lakukan dengan senyum, salam dan sapa sehingga masyarakat simpatik, lanjut beliau.
 
Kegiatan Lat Pra Ops tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat Polres Banjar, Kapolsek jajaran Polres Banjar, para pejabat operasi, anggota Sat Lantas Polres Banjar serta anggota fungsi pendukung lainnya. Paparan pertama oleh Kasat Intelkam selaku Kasatgas Deteksi yang disampaikan oleh KBO Intelkam Ipda Suherman yakni mengenai perkiraan situasi Kamtibmas sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan operasi simpatik serta sasaran operasi, sehingga dalam pelaksanaan operasi simpatik akan tepat sasaran, hasil lebih optimal dan terukur.

Paparan dilanjutkan oleh Kabag Ops Polres Banjar Kompol Daulat Sipayung, S.Sos.,M.AP selaku Karendal Ops pada operasi simpatik tersebut, beliau menyampaikan paparan tentang mekanisme pelaksanaan operasi simpatik yakni penjabaran tugas-tugas pejabat operasi dengan cara bertindak (CB) Preemtif, Preventif dan penegakkan hukum (Gakkum). Lebih lanjut Kabag Ops menyampaikan bahwa tujuan operasi simpatik adalah adanya perubahan masyarakat pengguna jalan baik sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan operasi simpatik yakni lebih tertib dan patuh terhadap peraturan berlalulintas serta terhindarnya praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) pada bidang pelayanan masyarakat di ruang publik. Diharapkan selama pelaksanaan operasi simpatik angka pelanggaran dan angka Laka Lantas menurun. Kabag Ops juga menjelaskan tentang sistem pelaporan hasil pelaksanaan operasi simpatik serta  analisa dan evaluasi (Anev).

Kasat Lantas Polres Banjar Akp Donny Eko Listianto, SH.,S.ik selaku Kasatgas operasi pada pelaksanaan Lat Pra Ops tersebut dalam paparannya yang disampaikan oleh KBO Sat Lantas yakni  tentang sasaran operasi, target operasi, cara bertindak dan pembagian tugas serta mekanisme pelaporan hasil pelaksanaan operasi simpatik. Pada kesempatan itu beliau mengharapkan pelaksanaan operasi simpatik dapat berjalan dengan lancar, untuk itu perlunya dukungan dari semua fungsi sehingga hasilnya akan maksimal, yakni terciptanya situasi lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar serta terwujudnya masyarakat yang sadar dan patuh terhadap peraturan berlalulintas sehingga dapat menjadi Pelopor Keselamatan Berlalulintas. Dengan demikian maka angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat ditekan, khususnya di wilayah hukum Polres Banjar.

Paparan Ps. Kasi Propam Polres Banjar Aiptu Cucu Ariawan selaku Sub Satgas Gakkum dalam Operasi Simpatik-2015 tersebut menjelaskan, bahwa tugas dan peran propam selaku seksi pengawasan yakni merupakan fungsi kontrol, sehingga operasi simpatik dapat dilaksanakan dengan aman, tertib dan lancar.
Kegiatan Lat Pra Ops secara umum  berjalan dengan tertib dan lancar, berakhir pada pukul 11.00 Wita. Diharapkan selama pelaksanaan operasi simpatik angka pelanggaran lalu lintas menurun dan angka kecelakaan lalu lintaspun dapat ditekan, serta masyarakat semakin sadar untuk tertib dalam berlalulintas sehingga tercipta situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta terwujud sebagai Pelopor Keselamatan Berlalulintas. (Humasresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar