Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Lat Pra Ops Kepolisian Kewilayahan "Bina Kusuma Intan-2015" Polres Banjar

Posted by Unknown at Jumat, 06 Maret 2015

 
MARTAPURA - Polres Banjar pada hari Jumat (06/03/2015) pukul 14.00 Wita melaksanakan kegiatan Latihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi "Bina Kusuma Intan-2015". Sesuai dengan nama sandinya, dalam operasi tersebut yang dikedepankan adalah fungsi Binmas, yakni sebagai fungsi yang mengemban tugas Preventif atau pencegahan.

Kegiatan Lat Pra Ops tersebut, dibuka oleh Kapolres Banjar AKBP DARU CAHYONO, S.ik yang diwakili oleh Waka Polres Banjar KOMPOL IBRAHIM AJI, S.ik. Kegiatan tersebut dihadiri dan diikuti oleh Kabag Ops, Kabag Ren, Kabag Sumda dan para Kasatfung. Sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas operasi kepolisian di kewilayahan, kegiatan tersebut diikuti juga oleh para Kapolsek jajaran Polres Banjar, Kanit Binmas, Kanit Intel dan anggota Bhabinkamtibmas dari masing-masing Polsek.
 
Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Lat Pra Ops tersebut, Waka Polres Banjar menyampaikan bahwa, "Operasi Kepolisian Kewilayahan yang diberi sandi Bina Kusuma Intan-2015, merupakan kali pertama Operasi Kepolisian yang diemban dan dilaksanakan oleh fungsi Binmas, dalam operasi tersebut lebih mengedepankan tindakan Preventif dari pada Represif, yakni lebih mengutamakan tindakan pencegahan dari pada tindakan penegakan hukum. Maka dari itu, selain peran Binmas di lapangan untuk menyampaikan penyuluhan / sosialisasi tentang situasi Kamtibmas kepada masyarakat, diharapkan juga kepada para Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Banjar agar lebih proaktif dalam pelaksanaan Operasi Bina Kusuma, yakni agar melakukan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat terkait dengan pemeliharaan Kamtibmas." dan kepada fungsi pendukung, agar dapat bersinergi dalam pelaksanaan Operasi Bina Kusuma dimaksud dengan optimal, sehingga diharapkan selama pelaksanaan Operasi yang hanya dalam waktu 10 hari mendapatkan hasil yang maksimal.
 
Selanjutnya paparan dari Kabag Ops Polres Banjar, disampaikan oleh Kasubbag Bin Ops IPTU SUSILO tentang mekanisme pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Intan-2015. Dalam paparannya Kasubbag Bin Ops menyampaikan sasaran Operasi antara lain premanisme, peredaran obat-obatan terlarang dan masih adanya praktek asusila/prostitusi/pelecehan seksual, kenakalan remaja, penertiban gelandangan dan pengemis (Gepeng) serta masih maraknya penyakit masyarakat lainnya, jadi maksud dan tujuan dari Operasi Bina Kusuma adalah mengajak kepada masyarakat baik yang terorganisir maupun masyarakat yang tidak terorganisir untuk tidak melakukan perbuatan tercela seperti tersebut diatas, namun kiranya masyarakat dapat lebih  proaktif bersama-sama Polri menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, yakni dimulai dengan menjaga ketertiban pribadi, keluarga dan lingkungan tempat tinggal masing-masing.
 
Selanjutnya paparan dari Kasat Intelkam Polres Banjar yang disampaikan oleh Kaur Bin Ops IPDA SUHERMAN, yakni prediksi situasi Kamtibmas yang dimungkinkan akan terjadi selama pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Intan-2015. Kemudian dilanjutkan kembali paparan dari Kasat Binmas Polres Banjar AKP AGUS JATMIKO, yakni mengenai teknik / cara bertindak  pembinaan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Banjar, utamanya selama pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Intan-2015. Pada kesempatan itu Kasat Binmas juga menjelaskan mengenai mekanisme sistem pelaporan hasil pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Intan-2015.

Kapolres Banjar AKBP DARU CAHYONO, S.ik pada kegiatan Lat Pra Ops Bina Kusuma Intan-2015 menganalisa dan evaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut, ada beberapa hal yang perlu disamakan persepsi sehingga dalam pelaksanaan Operasi tersebut hasilnya dapat lebih optimal dari yang direncanakan. Mengingat Operasi Bina Kusuma Intan-2015 baru pertama kali dilaksanakan, jelas beliau. Terutama kepada para Kanit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas, Kapolres Banjar berharap kiranya untuk dapat saling tukar informasi kepada jajaran baik selama pelaksanaan Operasi Bina Kusuma maupun setelah pelaksanaan Operasi. Hal ini guna mengantisipasi lebih dini dalam menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas. 

Demikian Lat Pra Ops Bina Kusuma Intan-2015 Polres Banjar, dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar berakhir pada pukul 15.30 Wita ditutup oleh Kapolres Banjar AKBP DARU CAHYONO, S.ik. (Humasresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar