Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Simpatik Intan-2015" Polres Banjar

Posted by Unknown at Selasa, 31 Maret 2015

 
MARTAPURA - Dalam rangka mewujudkan Polisi sebagai Penggerak Revolusi Mental dan Pelopor Tertib Sosial di Ruang Publik guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dibidang keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas), serta cipta kondisi menjelang HUT Bhayangkara ke-69 tahun 2015 merupakan tema dalam pelaksanaan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat "Simpatik Intan-2015" Polres Banjar pada Rabu (01/04/2015) pukul 08.00 Wita di lapangan apel Polres Banjar.
Pada apel gelar pasukan tersebut bertindak selaku pengambil apel Kapolres Banjar AKBP DARU CAHYONO, S.ik., selaku penanggung jawab apel  Kasat Lantas Polres Banjar AKP DONNY EKO LISTIANTO, SH.,S.ik dan selaku komandan apel Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Banjar IPDA SALAHUDDIN KURDI, SH. 

Peserta apel terdiri dari pleton Kodim 1006 Martapura, pleton Sat Sabhara, pleton Sat Lantas, pleton gabungan staf, pleton gabungan Polsek jajaran Polres Banjar, pleton Sat Intelkam, pleton Sat Reskrim dan Sat Narkoba, pleton Satpol PP Kab. Banjar serta pleton Dishubkominfo Kab. Banjar. Adapun undangan pada apel gelar pasukan operasi simpatik-2015 dihadiri oleh unsur Muspida Kab. Banjar atau yang mewakili dan Kepala Dinas Instansi.

Amanat dari Kepala Korps Lalu Lintas Polri IRJEN POL Drs. CONDRO KIRONO, MM.,M.Hum pada apel gelar pasukan operasi simpatik-2015 tersebut dibacakan oleh pengambil apel AKBP DARU CAHYONO, S.ik. Mengawali amanatnya disampaikan bahwa permasalahan lalu lintas jalan raya khususnya populasi kendaraan bermotor, pertumbuhan penduduk dan pembangunan perkotaan, mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun tidak diimbangi dengan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana jalan yang memadahi, sehingga menimbulkan gangguan terhadap Kamseltibcar Lantas. Mencermati hal tersebut, diharapkan jajaran Korlantas Polri dapat mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis teknis maupun strategis agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir, sehingga Kamseltibcar Lantas yang Mantab dapat diwujudkan.

Untuk menindak lanjuti kebijakan Nawa Cita Presiden RI 2015-2019, Polri telah melaksanakan program Quick Wins, oleh karena itu konsep operasi simpatik tahun 2015 ini mengambil tema "Polantas sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat." Oleh karena itu orientasi operasi ini lebih memfokuskan kepada pembenahan penertiban internal yang mengedepankan pada unit pelayanan publik yaitu pada pos-pos polisi di jalan umum, jalan tol, unit pelayanan SIM, STNK, BPKB dan penanganan Laka Lantas serta memberdayakan fungsi Dikmas Lantas secara optimal, melalui kegiatan penerangan masyarakat baik secara langsung maupun menggunakan media cetak atau elektronik dan juga pelayanan informasi lalu lintas yang paling Up To Date melalui siaran langsung televisi bersama NTMC Polri sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat dan pada akhirnya dapat mendukung upaya mewujudkan Kamseltibcar Lantas.
 Lebih lanjut dalam amanat tersebut disampaikan bahwa pelopor revolusi mental di ruang publik adalah setiap anggota Polri dalam berperilaku sehari-hari baik dalam tugas dan kehidupan senantiasa menjadi suri teladan bagi masyarakat. Harapan besar dari revolusi mental adalah adanya perubahan Mindset / cara pandang polisi dari negatif menjadi positif, dari pesimis menjadi optimis, dari antagonis menjadi protagonis dan dari pegawai / penguasa menjadi pelayan masyarakat (publik service).
 
Pelaksanaan operasi simpatik-2015 terbagi dalam beberapa Satgas, yakni Satgas Deteksi dini, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Penegakkan hukum dan Satgas bantuan operasi. Satgas Satgas tersebut akan melakukan kegiatan yang lebih utamanya secara internal, terhadap personil Polantas dan masyarakat pengguna jalan. Adapun penjabaran tugas masing-masing Satgas antara lain perencanaan, penentuan sasaran, cara bertindak dan tujuan, sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan operasi tersebut. Adapun tujuan operasi simpatik adalah meningkatnya disiplin anggota Polantas dan terwujudnya pelayanan Polantas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalulintas. Sebagai tujuan utama dari operasi simpatik tahun 2015 ini adalah terwujudnya Kamseltibcar Lantas yang baik.
Demikian kegiatan gelar pasukan operasi simpatik tahun 2015 di Polres Banjar, terselenggara dengan tertib dan lancar dan berakhir pada pukul 10.00 Wita. (Humasresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar