Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Pembekalan Personel Polres Banjar Sebelum Melaksanakan Pengamanan Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2014

Posted by Unknown at Jumat, 04 Juli 2014

Martapura, 4/7/2014 - Aula Tri Brata Polres Banjar pada hari Jumat sekitar pukul 08.30 Wita kembali dipenuhi oleh personel Polres Banjar beserta jajaran guna mendapatkan pembekalan dan pengarahan dari pimpinan, sebelum berangkat tugas melaksanakan pengamanan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di TPS wilayah Kabupaten Banjar.
Mengawali kegiatan tersebut yakni pengarahan dari Kapolres  Banjar AKBP Daru Cahyono, S.IK beliau memerintahkan agar personel yang terploting untuk melaksanakan pengamanan Pemilu di TPS wilayah Kecamatan terjauh yakni di wilayah Peramasan, Telaga Bauntung, Simpang Empat dan Sungai Pinang agar pada H-2 sudah berangkat ke lokasi sedangkan yang dekat pada H-1. Untuk pelaksanaannya agar dipedomani petunjuk dan arahan pimpinan dalam pelaksanaan pengamanan TPS, jangan bertindak diluar ketentuan dan lakukan koordinasi dengan pejabat/panitia pelaksana Pemilu dengan baik apabila menghadapi situasional. Dan untuk antisipasi sebelum, saat maupun setelah pelaksanaan rangkaian kegiatan Pilpres Tahun 2014 Polres Banjar telah melaksanakan kegiatan-kegiatan cipta kondisi (Cipkon) antara lain dengan melaksanakan Operasi Kewilayahan maupun  Operasi Terpusat, serta bersinergi menjalin kerjasama dengan instansi terkait yakni Kodim 1006 Martapura, Kejaksaan, Pengadilan Negeri Martapura, Satpol PP, dan Dishub Kab. Banjar, namun diharapkan kepada seluruh Anggota yang terlibat langsung dalam Operasi Mantap Brata terutama yang melaksanakan pengamanan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di TPS-TPS agar selalu tetap waspada.
Berikutnya arahan dari Kabag Ops Polres Banjar Kompol Daulat Sipayung, S.Sos.,M.AP yakni beliau menyampaikan hasil pengarahan Kapolda Kalsel tentang kesiapan dalam pelaksanaan pengamanan Pilpres Tahun 2014 oleh personel Polda Kalsel dan jajaran. Penekanan dari pimpinan kepada seluruh personel jajaran Polda Kalsel agar betul-betul Netralitas dalam pelaksanaan pengamanan Pilpres 2014 dengan maksud tidak terlibat secara langsung ataupun tidak langsung dalam politik praktis yakni seperti memberikan dukungan baik secara tertulis / lisan atau mempengaruhi keluarga untuk memilih salahsatu kandidat. Laksanakan tugas Kepolisian secara profesional, proporsional dan prosedural. Semoga masyarakat bisa menilai kinerja Polri, sehingga terbangun kepercayaan yang luar biasa dan Polri akan lebih gigih dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik itu memelihara serta mewujudkan Kamtibmas. Adapun cara pengisian blangko berita acara serah terima logistik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden langsung diperagakan dan dijelaskan oleh Kabag Ops Polres Banjar, sehingga nantinya personel tidak ada kesulitan lagi dalam pelaksanaannya, yakni ada 6 blangko berita acara serah terima logistik Pemilu dan 1 blangko hasil rekap suara Pemilu 2014. Penggunaan blangko berita acara tersebut 3 lembar untuk serah terima logistik Pemilu dari KPU ke PPK ke PPS dan ke TPS. Selanjutnya 3 lembar untuk serah terima logistik Pemilu dari TPS ke PPS ke PPK dan ke KPU. Dan 1 lembar untuk rekap hasil suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014.
Arahan Kasat Reskrim Polres Banjar AKP Ade Papa Rihi, SH.,S.IK tentang posisi Polri dalam penegakkan hukum Pemilu, yakni bersikap netral sehingga dapat melaksanakan proses penegakkan hukum sesuai ketentuan dan profesional. Hal ini perlu diketahui dan dipahami bersama oleh Anggota Polres Banjar agar nanti dalam pelaksanaan pengamanan Pilpres, apabila menghadapi situasional dapat mengambil langkah-langkah hukum secara cepat, tepat dan benar serta satu persepsi sehingga permasalahan dapat diatasi melalui mekanisme Gakkumdu.
Arahan Kasat Intelkam tentang situasi pada masa tenang yakni adanya kegiatan pelepasan atribut kampanye agar anggota Polri tidak turut serta melakukan namun cukup mengawasi guna melaksanakan pengamanan. Kemudian agar didata kembali bagi Polsek yang ada tahanan untuk mengumpulkan KTP dan diserahkan kepada KPPS setempat guna pelaksanaan Pemilu di Rutan masing-masing dan agar dicermati serta dikenali para petugas yang terlibat kegiatan Pemilu, sehingga apa yang menjadi sasaran pengamanan Pemilu betul-betul terdeteksi sejak dini. Selanjutnya diingatkan kembali agar disiapkan posko pada masing-masing Polsek dengan melengkapi data Pemilu guna lebih memudahkan personel yang melaksanakan pengamanan Pemilu apabila sewaktu-waktu memerlukan data, serta untuk antisipasi apabila ada pengecekan oleh pimpinan maupun pejabat tinggi Provinsi terutama kesiapan pada Polsek jalur.
Demikian kegiatan pembekalan dan sosialisasi pengisian berita acara serah terima logistik Pemilu serta arahan-arahan dari pimpinan yang dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh anggota, selanjutnya acara ditutup oleh Waka Polres Banjar Kompol Efrizal, S. IK. (Humresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar