Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Polres Banjar Pastikan Wilayah Martapura Bebas Dari Vaksin Palsu

Posted by Unknown at Jumat, 22 Juli 2016

MARTAPURA,KALSEL - Personil gabungan Polres Banjar dengan mengendarai tiga buah mobil terlihat mendatangi UPT. Gudang Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar, Jumat (22/7) pagi. Mereka langsung memasuki ruangan pergudangan salah satu farmasi yang beralamat di jalan HM. Cokrokusumo Gang Kasturi Kota Banjarbaru itu.

Tim gabungan yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Banjar AKP Budi Prasetyo,SH.,S.Ik dan Kasat Narkoba Polres Banjar AKP Aris Munandar,SH.,MA bertujuan untuk melakukan giat terhadap antisipasi penyebaran vaksin palsu di wilayah hukum Mapolres Banjar.

Setiap botol vaksin yang berada di gudang penyimpanan Farmasi Kabupaten Banjar tersebut dilakukan pengecekan secara teliti oleh petugas yang pada saat itu juga didampingi oleh Kepala UPT. Instalasi Farmasi Kab. Banjar Arief Rachman,S.Si.,Apt.,M.Kes beserta stafnya.

Kasat Narkoba Polres Banjar, AKP Aris Munandar,SH.,MA yang turut melakukan pengecekkan pagi itu mengatakan pihaknya tak menemukan vaksin palsu. Vaksin yang tersedia di Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar juga merupakan vaksin yang berasal dari satu produsen atau farmasi BUMN.

" Benar mas. Dalam kegiatan ini kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Banjar. Dan Alhamdulillah vaksin palsu tidak kami temukan," terang Pak Aris.

Tak hanya sampai di situ, Aris beserta jajaran gabungan Satuan Intel, Narkoba dan Reskrim juga melakukan pemeriksaan terhadap tanggal kadaluwarsa beserta standarisasi penyimpanan vaksin.

" Alhasil, hal itu sudah dilakukan dengan benar oleh pihak Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar. Begitupula vaksin kadaluarsa, pada giat ini kami tak menemukannya, " lanjut Pak Aris.

Sementara Kasatreskrim Polres Banjar, AKP Budi Prasetyo,SH.,S.Ik menambahkan kendati pihaknya sudah melakukan pengecekkan terhadap beberapa sampel vaksin. Namun guna mengetahui perbedaan vaksin asli dan palsu rupanya tak semudah melihat mata memandang. Melainkan hal itu mesti dilakukan uji laboratorium dengan memeriksa kandungan sampel vaksin.

" Namun masyarakat Kabupaten Banjar tak perlu kawatir, pasalnya vaksin yang tersedia di Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar tak ditemukan indikasi vaksin palsu. Terlebih vaksin tersebut juga merupakan produksi satu produsen di bawah BUMN langsung, PT Bio Farma, " terangnya.

Disinggung mengenai giat serupa ke distributor farmasi swasta lainnya di wilkum Polres Banjar, Pak Budi mengaku tak menutup kemungkinan akan dilakukan oleh kesatuannya.

"  Ya tentu bisa saja. Namun menunggu arahan dari Polda dulu nantinya. Yang jelas saat ini Kabupaten Banjar masih belum ada ditemukan vaksin palsu, " jelas Pak Budi.







0 komentar:

Posting Komentar