Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Tugas Polisi itu Tidak Ringan

Posted by Unknown at Senin, 07 April 2014

Martapura, 4/4/2014 - Pemilu Legislatif 2014 tinggal beberapa hari lagi, masa kampanyepun tinggal sehari lagi. Polri dan jajarannya diseluruh wilayah konsentrasi penuh untuk mengemban tugas yang tidak ringan dalam mengawal Pemilu 2014, tahap demi tahap dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Tenaga, pikiran, waktu dan materi tidak lagi menjadi ukuran untuk dikorbankan, semua tercurah demi keamanan bangsa ini.
"Kini saatnya kami fokus pada pengamanan pendistribusian logistik Pemilu, walaupun konsentrasi kami terbagi-bagi dalam melaksanakan pengamanan tahapan-tahapan Pemilu 2014 namun anak buah saya sebagai patner atau mitra kerja saya selalu semangat dan selalu siap serta penuh dengan dedikasi yang tinggi  dalam mengemban tugas yang mulia ini, yaitu mensukseskan Pemilu baik itu Legislatif yang saat ini sedang berlangsung maupun pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden nanti" tegas Kapolres Banjar Akbp Daru Cahyono, S.Ik.
Kab. Banjar dengan jumlah Kecamatan 19 dan jumlah Polres 1 serta jumlah Polsek 14, berarti ada 3 Kecamatan yang belum ada Polseknya dan 2 Kecamatan secara administratif masih ikut Kab. Banjar namun wilayah hukumnya masuk Polsek Aluh-Aluh dan Beruntung Baru Polres Banjarbaru. Hal ini akan menambah tugas dan tanggung jawab Polres Banjar untuk lebih optimal dalam pengerahan personil pengamanan Pemilu 2014, sedangkan Polres Banjar dalam pengamanan TPS akan menggelar personil Polri sebanyak 486 orang dengan rincian jumlah personil Polres Banjar 129 orang dan jumlah personil Polsek 219 orang, maka dengan jumlah TPS yang ada di Kab. Banjar sebanyak 1.214, Polres Banjar mendapat BKO dari personil Polda Kalsel sebanyak 138 orang serta dibantu Linmas sebanyak 2.456 orang.
Untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan TPS secara optimal, maka Polres Banjar menerapkan pola pengamanan dengan pola 2 : 10 : 5 untuk wilayah aman sebanyak 1.099 TPS yaitu 358 orang personil Polri, 2.198 orang Linmas untuk 899 TPS, pola 2 : 4 : 2 untuk wilayah rawan 1 sebanyak 102 TPS yaitu 102 orang personil Polri, 204 orang Linmas untuk 104 TPS dan pola 2 : 4 : 1 untuk wilayah rawan 2 sebanyak 13 TPS yaitu 26 orang personil Polri, 52 orang Linmas untuk 13 TPS.
Sebagai gambaran tugas Polri dalam pengamanan dan pengawalan kotak suara Pemilu 2014 Humas Polres Banjar bekerjasama dengan Metro TV meliput pelaksanaan kegiatan tersebut mulai pengambilan kotak suara Pemilu dari gudang KPU di Kab. Banjar hingga pendistribusian kotak suara Pemilu ke gudang PPK di Kecamatan Aranio, yang selanjutnya pendistribusian kotak suara Pemilu dari PPK Kecamatan Aranio ke PPS di desa Belangian Kecamatan Aranio.
Suatu perjalanan yang tidak mudah dilalui dengan berbagai sarana transportasi dan medan yang cukup berat melalui jalur darat, air, hutan, pegunungan serta jarak yang memerlukan waktu cukup lama. Hal ini memerlukan kondisi pisik stamina yang betul-betul prima dan full konsentrasi. "Saya lepas sepatu untuk siap siaga supaya bisa berenang aja bu, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atas kotak suara Pemilu ini saat menyeberangi danau seluas ini" jawab salah satu personil Polres Banjar saat ditanya Reporter Metro TV. Perjalanan yang penuh tantangan diatas perahu kecil yang dibantu dengan mesin kelotok, disertai angin kencang dan hujan yang begitu deras. "Alhamdulillah" terdengar lirih dari mulut pak Polisi setibanya di pelabuhan desa Belangian. "Ayo, kita lanjutkan perjalanan kita melalui jalan setapak, masih semangat ?" Tanya senior. Kami menjawab dengan serentak, "semangaaat !"
"Tugas apapun dan seberat apapun, apabila dilaksanakan dengan senang hati dan tulus ikhlas, maka akan menjadi ibadah dan hasilnya Insyaallah akan optimal," demikian pesan yang disampaikan oleh Humas Polres Banjar saat meniti jalan setapak melalui hutan, guna menghibur temen-temen dari Linmas selama dalam perjalanan dan tidak terasa sampailah di rumah Kepala Desa Belangian yang sudah menunggu-nunggu kedatangan kotak suara Pemilu bersama petugas dari Polres Banjar.(humresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar