Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Rapat Persiapan Haul Guru Sekumpul yang ke-9

Posted by Unknown at Kamis, 24 April 2014






Martapura, 24/04/2014 -  Haul akbar ke sembilan wafatnya KH Zaini Abdul Ghani atau yang disapa Guru Sekumpul bakal digelar pada hari minggu 04 Mei 2014, segala persiapan pelaksanaan Haul yang dihadiri puluhan ribu orang dari berbagai penjuru itu sudah dilakukan.
Jajaran Polres Banjar pun melakukan persiapan, Rabu(23/04) Polres Banjar menggelar rapat persiapan pengamanan Haul Guru Sekumpul. Rapat tersebut dipimpin Kabag Ops Polres Banjar Kompol Daulat Sipayung, S.Sos., M.AP yang juga dihadiri oleh Kabag Sumda Polres Banjar, para Kasat Jajaran Polres Banjar, Kapolsek Martapura Kota, Kabid LLAJ Dishub Kabupaten Banjar, Satpol PP Kabupaten Banjar serta panitia penyelenggara Haul Akbar Guru Sekumpul. Panitia Haul Guru Sekumpul M. Ilmi membenarkan Haul tersebut akan dilaksanakan pada 04 Mei 2014, terkait dengan haul ke sembilan ini Jajaran Polres Banjar telah menggelar pertemuan untuk persiapan Haul. “Intinya itu, kami sama-sama merapatkan barisan agar kejadian tahun lalu di mana terjadi kemacetan dimana terjadi kemacetan total tidak lagi terulang” ungkap Ilmi.
Menurut Ilmi setiap tahun jumlah umat muslim yang hadir dalam gelaran Haul Guru Sekumpul selalu meningkat. Tentu saja orang sebanyak itu datang dan berkumpul pada waktu dan tempat yang sama pastinya membuat kawasan Sekumpul padat oleh pengunjung. Karena itu panitia pelaksana Haul Guru Sekumpul sudah melakukan persiapan terkait dengan kelancaran jalannya haul terutama untuk fasilitas tempat parkir. “Saat ini yang resmi dilaporkan ke kami jumlah tempat parkir sebanyak 39 tempat parkir dengan cakupan kapasitas sebanyak 26 ribu sepeda motor dan 12 ribu mobil, kami juga mengantisipasi kalau tempat perkir yang disiapkan tidak mencukupi misalnya stadion mini barakat juga dipersiapkan untuk tempat parkir. Kita masih terus intensifkan koordinasi untuk pengaturan parkir ini agar keluar masuknya warga yang datang pada acara haul berjalan tertib” katanya.
Paur Subbag Humas Polres Banjar Aiptu Suwarji mengakui tahun ini jajaran Polres Banjar lebih mengintensifkan koordinasi dengan panitia Haul untuk memastikan berjalan lancarnya gelaran haul guru sekumpul. Dalam rapat itu selain parkir juga sudah dibicarakan pengaturan untuk alur jemaah yang datang dan keluar menuju lokasi pelaksanaan Haul yang berlangsung di Mushala Ar Raudah sehingga arus lalu lintas berjalan satu arah. Misalnya saja, warga dari Banjarbaru ataupun Banjarmasin diarahkan masuk melalui Sungai Ulin menuju jalan Sekumpul Raya. Sedangkan dari arah Martapura masuk melalui Jalan A. Yani menuju jalan Sekumpul. Dari arah Hulu Sungai diarahkan melalui jalan Tanjung Rema Darat berbelok melalui Jalan Pintu Air tembus Jalan Kenanga Keluar di Indrasari. Sedangkan untuk jalan Guntung Alaban hanya jadi jalan Keluar. 
“Untuk rekayasa lalu lintas masih terus dioptimalkan persiapan pengaturannya agar arus lalu lintas berjalan lancar” ungkap Paur Subbag Humas Polres Banjar. Kabid LLAJ Dishub Kabupaten Banjar Edy Handoko mengatakan pertemuan seperti ini memang diperlukan untuk memantapkan koordinasi agar arus lalu lintas jemaah yang masuk dan keluar nantinya benar-benar terkontrol. (wid/MB/Humresbanjar)


Label:

0 komentar:

Posting Komentar