Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


"Bagarakan Sahur"

Posted by Unknown at Sabtu, 27 Juni 2015

MARTAPURA - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan penuh barokah, pada bulan yang mulia ini Allah melimpahkan rahmatNYA yang tak terhingga kepada ummatNYA yang tawadhu dan istiqamah dalam beribadah untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepadaNYA.
Pada kesempatan dibulan yang mulia ini, Kapolsek Martapura Kota AKP Hj. AMALIA AFIFI, SH mengajak anak buahnya untuk tidak ketinggalan dalam mengais pahala dan ridhoNYA, yakni dengan menambah tugas rutinnya berupa terobosan kreatif melalui kegiatan "Bagarakan Sahur". Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam Sabtu dan malam Minggu selama bulan Ramadhan dimana umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa, sehingga tidak mengganggu kegiatan pelayanan kepada masyarakat pada hari kerja.
Kapolsek Martapura Kota saat dikonfirmasi oleh Paur Subbag Humas Polres Banjar IPDA H. SUWARJI, SE., MM mengatakan bahwa, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan "Bagarakan Sahur" yakni untuk menggerak / membangunkan masyarakat dari tidurnya dengan menggunakan kalimat yang dapat menggerak masyarakat agar bangun yang disertai suara gamelan bonang, gong dan kendang dengan pengeras suara dari mobil patroli, sehingga warga masyarakat tidak terlambat dalam menyiapkan makan sahur untuk keluarganya.
Selain dari pada itu tujuan kegiatan "Bagarakan Sahur", Kapolsek beserta anggotanya juga ikut sahur bersama di kediaman pembakal atau balai desa yang diselenggarakan oleh Kepala Desa, guna menjalin tali silaturrahmi serta mendekatkan diri dengan masyarakat dalam rangka cipta kondisi jelang Pemilu Kada. Selain itu juga melaksanakan kegiatan perpolisian masyarakat (Polmas) untuk membangun kepercayaan dengan hadir ditengah-tengah masyarakat serta berbaur untuk memberikan pemahaman bahwa Polisi saat ini adalah mitra yang posisinya  sejajar dengan masyarakat.
Lebih lanjut Kapolsek atau ibu Lia sapaan akrab beliau ini menjelaskan, bahwa Polsek Martapura Kota sesuai fungsi, peran dan  tugas pokoknya yakni sebagai pelindung,  pengayom serta pelayan masyarakat pada kegiatan "Bagarakan Sahur" ini lebih mengedepankan fungsi preemtif dan preventif dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, guna  meminimalisir terjadinya suatu tindak pidana serta adanya niat dan kesempatan jahat yakni dengan bantuan dan partisipasi dari masyarakat dalam mengaktifkan kembali Siskamling. Hal ini juga merupakan terobosan kreatif dari anggota Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas Polsek Martapura Kota dalam melaksanakan Binkamsa melaui dukungan masyarakat.
"Kemaren di Desa Tambak Baru dan Desa Tambak Baru Ilir" kata ibu Lia kepada Paur Subbag Humas Polres Banjar, personil yang melaksanakan kegiatan "Bagarakan Sahur" ini Kapolsek bersama para Kanit dan anggota Bhabinkamtibmas. Kemudian pesertanya 7 (tujuh) orang dari masyarakat.
Saat acara sahur bersama, Kepala Desa Tambak Baru mengundang warganya sekitar 50 orang dewasa dan anak-anak sekitar 30 orang. Kemudian Pembekal Tambak Baru Ilir dan perangkat desanya, serta isteri pembekal dan beberapa ibu RT yang memasak dan menyiapkan makan sahur.
Rute kegiatan "Bagarakan Sahur" yakni  sepanjang jalan utama dari Desa Tambak Baru sampai Tambak Baru Ilir, dengan cara berjalan kaki. Polsek menggunakan peralatan gamelan bonang, gong dan kendang yang diperkeras dengan speker mobil patroli. Sementara itu warga menggunakan peralatan sederhana yaitu drum besar dan ember bekas.
Kegiatan "Bagarakan Sahur" berikutnya pada tanggal 3 dan 4 Juli 2015 akan dilaksanakan oleh Polsek Martapura Kota sesuai jadwal di Desa Jawa Laut dan Pesayangan Barat.
Selain kegiatan "Bagarakan Sahur" Kapolsek Martapura Kota AKP Hj. AMALIA AFIFI, SH juga melaksanakan kegiatan "Safari Taraweh" bersama Muspika ke Desa Desa yang ada di wilayah Martapura Kota. Pada kegiatan tersebut Muspika Kecamatan Martapura Kota selesai melaksanakan Sholat taraweh bersama, kemudian dilanjutkan kegiatan tatap muka dengan Potmas, yakni para Toga, Toda dan Tomas yang ada di Desa untuk menyampaikan informasi bahwa wilayah Martapura menjadi Pilot Projec Polmas yang akan di nilai oleh Baharkam Polri bekerja sama  dengan JICA, untuk itu Kapolsek mengharapkan kerjasama yang baik serta dukungan dari para tokoh di Desa dan masyarakat dalam menjaga serta memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif.
Ditengah kesibukan tugas rutinitasnya, Kapolsek Martapura Kota dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif utamanya jelang Pemilu Kada Tahun 2015, melakukan kegiatan pembinaaan terhadap komunitas Honda C70 dengan harapan melalui komunitas tersebut dapat menjadi duta pelopor keselamatan dalam berlalulintas dan duta Kamtibmas dilingkungan tempat tinggalnya serta dapat menjadi promotor bagi desa lainnya untuk turut serta berpartisipasi menjadi duta Kamtibmas. Pada kesempatan itu Kapolsek Martapura Kota bersama anggotanya meninjau "Warung Ramadhan" di Desa Bincau, guna menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga dan meminta kepada masyarakat untuk tidak takut dan ragu-ragu dalam memberikan informasi berkaitan dengan Kamtibmas, karena dengan pemberian informasi yang cepat maka akan lebih cepat juga kepolisian dalam bertindak dan ungkap kasus atau perkara yang tengah terjadi. (Humasresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar