Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Polres Banjar Amankan Kegiatan Menteri Agama RI

Posted by Unknown at Senin, 01 Juni 2015

MARTAPURA - Kunjungan Menteri Agama RI di Ponpes Darul Hijrah Putra pada Senin (01/06/2015) sekitar pukul 15.00 Wita, dalam rangka pelaksanaan kegiatan Peringatan Seperempat Abad Pondok Pesantren Darul Hijrah yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Ponpes Darul Hijrah Putra Desa Cindai Alus RT.08 Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Agama RI Drs. H. Lukman Hakim Syaifuddin, pimpinan Ponpes Darul Hijrah Zarkasi Hasbi, Lc., pelaksana harian Sekda Provinsi Kalsel Suharjo, Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh, Wakil Bupati HSU Khusairi Abdi, Sekda Kabupaten Banjar Ir. H. Nasrunsyah, Ketua DPRD Kabupaten Banjar H. Rusli, M.AP, Kapolres Banjar AKBP Kukuh Prabowo, S.ik., MH., Direktur Pondok Pesantren Kementerian Agama RI. DR. Mochsin, alim ulama, ustadz dan guru Ponpes Darul Hijrah serta Murid Ponpes Darul Hijrah sebanyak 1500 orang.

Adapun susunan acara kegiatan sebagai berikut, yakni pembukaan dengan mengucap Basmalah, pembacaan ayat suci Al Qur'an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Himne "Oh Pondokku", sepatah kata dari pimpinan Ponpes Darul Hijrah, sambutan Bupati Banjar, sambutan Gubernur Kalsel oleh pelaksana harian Sekda Provinsi Kalsel, amanat Menteri Agama RI dan penandatanganan Prasasti peresmian pendirian Pondok Pesantren Darul Hijrah 2, penyerahan bantuan dari Menteri Agama RI serta penyerahan kenang- kenangan dari Ponpes Darul Hijrah dan kegiatan ditutup dengan Do'a.

Berikut adalah sepatah kata dari Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah, "Pada awalnya Ponpes Darul Hijrah terbuat dari bangunan kayu dengan jumlah murid sebanyak 5 orang dan berkembang sampai dengan sekarang ini dengan jumlah murid sebanyak 1.485 orang. Pada kesempatan itu pimpinan Ponpes juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Menteri Agama RI dan kesediaannya untuk menandatangani Prasasti Peresmian Pondok Pesantren Darul Hijrah 2.

Selanjutnya adalah sambutan Bupati Banjar, yang diawali dengan ucapan selamat datang di Kota Serambi Mekkah Martapura kepada Menteri Agama RI beserta rombongan. Dalam sambutannya disampaikan oleh Bupati Banjar bahwa Pondok Pesantren Darul Hijrah merupakan satu-satunya Pondok Modern yang ada di Kabupaten Banjar dan Pemerintah Daerah juga terus mendorong perkembangan Ponpes dengan memberikan bantuan untuk pembangunan Ponpes. Diharapkan Ponpes Darul Hijrah dapat melahirkan Pemimpin yang berbudi tinggi dan berakhlaktul qarimah. Bupati Banjar pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat atas pembangunan Pondok Pesantren Darul Hijrah ke 2 dan beliau juga mohon doa untuk menjadi Gubernur Kalsel.

Berikutnya adalah sambutan Gubernur Kalsel yang dibacakan oleh pelaksana harian Sekda Provinsi Kalsel, mengawali sambutannya beliau mengucapkan selamat atas peringatan hari berdirinya Pondok Pesantren Darul Hijrah. Semoga momentum peringatan seperempat abad ini dapat menjadikan Ponpes Darul Hijrah  lebih maju lagi dan terus menciptakan manusia yang berintegritas tinggi dengan budi pekerti luhur. Dan semoga pembangunan Ponpes Darul Hijrah 2 berjalan aman dan lancar, serta diharapkan Ponpes Darul Hijrah semakin maju dan amanah sesuai prinsip, visi, misi dan motto Ponpes Darul Hijrah.

Akhirnya sampailah pada acara yang ditunggu-tunggu, yakni sambutan dari Menteri Agama RI Drs. H. Lukman Hakim Syaifuddin. Tujuan kehadiran Menteri Agama RI ke Ponpes Darul Hijrah Martapura adalah untuk meningkatkan silaturrahmi dan diharapkan juga kiranya dapat mendorong kemajuan Pondok Pesantren Darul Hijrah kedepannya.  Momen ini bertepatan dengan lahirnya Pancasila, merupakan rumusan yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, rumusan ini juga mampu menjalin dan menyatukan perbedaan untuk menjadi satu bangsa dengan jumlah penduduk nomor 4 di dunia, dengan jumlah pulau kurang lebih 17.000 pulau serta dengan luas wilayah geografisnya yang lebih luas dibandingkan Eropa Barat dan Australia. Menteri Agama RI dalam sambutannya juga menyampaikan, bahwa ditengah kebesaran yang ada pada diri kita bangsa Indonesia banyak juga perbedaan yang ada pada diri kita, tapi dengan arifnya pendahulu kita dapat merajut keberagaman dengan Pancasila. Sejak ratusan tahun yang lalu dikenal dengan masyarakat yang Religius dan memegang nilai-nilai agama yang selalu mewarnai tahapan kehidupan, yakni selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu permasalahan, berprikemanusiaan serta gotong royong merupakan inspirasi dalam merumuskan Pancasila. Lebih lanjut Menteri Agama RI juga menyampaikan, bahwa Lembaga pendidikan Islam seperti Pondok Pesantren sangat beragam dengan adanya otonomi yang luas oleh pimpinan Pondok Pesantren, tetapi tidak menghilang ciri utama suatu pondok pesantren yakni mengajarkan Islam yang moderat tidak ekstrim, pondok pesantren selalu toleran dan cinta tanah air. Pondok pesantren yang dapat eksis adalah pondok yang memiliki modal besar yakni keikhlasan dan rasa cinta dari para kyai dan para guru. Pada kesempatan itu Menteri Agama RI mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah membatu perkembangan Pondok Pesantren Darul Hijrah.

Kegiatan kunjungan Menteri Agama RI ke Ponpes Darul Hijrah Martapura berlangsung aman dan lancar, berakhir pada pukul 17.00 Wita dengan pengamanan dari Personil Polres Banjar dan Polsek Martapura Kota.

Setelah usai kegiatan di Ponpes Darul Hijrah Bupati Banjar meresmikan TPS 3 R Lalangit Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri di Desa Cindai Alus Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh, Sekda Kabupaten Banjar Ir. Nasrunsyah, Kapolsek Martapura Kota AKP Hj. Amalia Afifi, SH., Pimpinan Ponpes Darul Hijrah Putri Prof. Fataillah, para guru/ustadz dan ustadzah pengajar Ponpes Darul Hijrah Putri serta Santri Ponpes Darul Hijrah Putri sebanyak 350 orang. TPS 3 R Lalangit dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Banjar diatas tanah wakaf Ponpes Darul Hijrah Putri yang pengelolaannya diserahkan kepada Ponpes Darul Hijrah Putri.

Demikian penjelasan Kapolsek Martapura Kota AKP Hj. AMALIA AFIFI, SH saat dikonfirmasi oleh Paur Subbag Humas Polres Banjar IPDA H. SUWARJI, SE., MM. Kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar serta situasi kondusif. (Humasresbjr/aji)

Label:

0 komentar:

Posting Komentar