Hotline: 0511-4721635, email: subbaghumas_resbanjar@ymail.com, Form Pengaduan masyarakat klik di sini
TopBottom

KAPOLRES BANJAR






Video

WAKAPOLRES BANJAR


Memperingati Hari Kartini, Polwan dan Bhayangkari Polres Banjar Mengenakan Kebaya

Posted by Unknown at Rabu, 20 April 2016

MARTAPURA,KALSEL- Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah pada tanggal 17 September 1904 (pada usia ke 25 tahun). Sebenarnya beliau lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini. Beliau adalah seorang tokoh Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Hari ini,Kamis (21 April 2016) tepat merupakan hari kelahiran seorang perempuan yang menjadi salah satu tokoh Pahlawan Nasional tersebut. Hal unik terjadi, seluruh Polwan Polres Banjar bersama dengan Bhayangkari Cabang Banjar memperingati Hari Kartini dengan cara melakukan pawai sambil mengenakan pakaian kebaya menyusuri Kota Martapura. Itu dilakukan untuk mengenang perjuangan seorang perempuan yang bernama lengkap Raden Adjeng Kartini yang getol memperjuangkan hak-hak wanita.

Meski mengenakan kebaya, namun wibawa mereka sebagai seorang Polisi wanita tetap terpancar. Seperti yang diungkapkan oleh seorang pengayuh becak yang sedang mangkal dipinggir jalan, "Cantik-cantik mas Polwannya,tapi saya tetap takut nanti ditangkap",kata Pak Yadi sembari tersenyum.

Sambil membawa spanduk yang berisi tentang himbauan untuk menjauhi Narkoba dan juga spanduk tentang larangan membakar hutan dan lahan, Polwan Polres Banjar bersama dengan Bhayangkari membagi-bagikan souvenir maupun cindera mata kepada para pengguna jalan yang mereka temui. Tak lupa pula, Ibu-Ibu yang bekerja menyapu jalan juga mendapatkan souvenir dari rombongan pawai. "Mereka ini merupakan salah satu gambaran dari Kartini masa kini",ungkap Kapolsek Martapura Kota AKP Hj.Amalia Afifi Adi,SH selaku pelopor pelaksana kegiatan memperingati Hari Kartini ini.

Kapolres Banjar AKBP Kukuh Prabowo,S.Ik.,MH juga mengikuti kegiatan tersebut. Kapolres dan Waka Polres serta pejabat utama Polres Banjar lainnya juga turun ke jalan ikut membagi-bagikan souvenir yang berisi tulisan untuk menjauhi Narkoba. "Melalui momentum ini, Polres Banjar ingin menyebarluaskan pentingnya nilai-nilai dalam perjuangan Kartini serta untuk menjauhi Narkoba",terang Kapolres Banjar.

Sebagian besar para pengguna jalan merasa senang dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Banjar tersebut. "Saya lupa kalau hari ini merupakan hari peringatan kelahiran Ibu Kartini kalau tidak melihat para Ibu-Ibu Polwan ini membagikan souvenir",ungkap salah seorang pengemudi mobil yang mendapatkan sebuah cindera mata dari para Polwan. "Saya senang masih ada yang mengingatkan dengan para pahlawan kita",lanjutnya sembari menginjak pedal gas mobilnya.


















0 komentar:

Posting Komentar